Selasa, 21 Agustus 2018

Ternyata Begini Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Alot dan Bau Prengus

Trek-id Tips dan Trik , Wah Ternyata Begini Ramuan Paling Ampuh Untuk Mengolah Daging Kambing Yang Baik dan Benar Agar Tidak Alot dan Bau Prengus - Saat Hari Idul Adha biasanya masyarakat akan disibukkan dengan kegiatan kurban , pada moment inilah masyarakat bisa menikmati daging yang melimpah baik kambing maupun sapi, untuk anda yang memperoleh daging kurban sapi anda tak perlu mempergunakan cara yang akan admin bagikan untuk menghilangkan bau prengus berikut ini sebab bau prengus lazimnya banyak dijumpai pada daging kambing.

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Alot dan Bau Prengus

Nah ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bau prengus dan juga alot pada daging kambing, meski memiliki aroma yang amis dan prengus namun daging kambing memiliki rasa yang lezat terutama jika dijadikan sebagai olah sate, gule , tongseng dan berbagai jenis masakan lainnya.

Selain itu selain daging sapi dan ayam , daging kambing merupakan salah satu sumber protein hewani yang cukup baik untuk tubuh kita disamping itu juga daging kambing mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh seperti kalori, zat besi dan kolesterol.

Mengolah daging kambing bisa dibilang gampang-gampang susah terlebih untuk anda yang tidak terlalu menyukai bau prengusnya, apabila anda salah dalam mengolahnya tak jarang daging yang anda masak justru akan terasa alot dan bau nah untuk menghindari hal tersebut ada baiknya anda mempergunakan beberapa tips berikut untuk mengolah daging kambing agar tidak bau dan alot sehingga bisa menjadi menu makan yang lezat dan disukai keluarga.

Resep Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Alot dan Bau Prengus
Pertama : Buang Lemaknya
Tahukah anda jika ternyata sebagian besar aroma prengus yang ada pada daging kambing ternyata berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging. untuk mengatasinya sebaiknya anda singkirkan lemak tersebut dengan memisahkannya dari daging, sebelum melakukan hal ini ada baiknya anda masukkan daging yang akan diolah kedalam lemari es dan apabila sudah beku anda bisa dengan mudah mengiris bagian lemak agar terpisah dari daging kemudian membuang lemak tersebut.

Jangan dicuci
Sebelum dimasak biasanya daging harus dicuci bersih terlebih dahulu. Akan tetapi tidak demikian halnya pada daging kambing apabila Anda melakukan ini,ternyata hal ini akan membuat tekstur daging justru menjadi lebih alot dan bau amisnya akan makin tajam. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci.Jika sudah anda bisa membuang air rebusannya dan mengolah daging yang sudah direbus itu.

Taburi dengan garam
Apabila daging sudah terlanjur dicuci jang kuatir sebab anda bisa mempergunakan langkah berikut ini , yaitu dengan menambahkan taburan garam hal ini berfungsi untuk menetralisir darah yang bisa menyebabkan timbulnya aroma tak sedap. Lumuri semua permukaan daging dengan garam tunggu selama 1 jam dan setelah itu cuci bersih dan anda bisa langsung memasaknya.

Rebus dengan rempah-rempah
Cara ini bisa dipakai untuk Anda yang memang lebih suka untuk mencuci daging lebih dulu, untuk mengatasi daging kambing agar tidak alot dan bau sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

Baluri dengan parutan nanas
Tahukah anda jika ternyata Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang memang terkenal cukup alot. Selain itu juga getah nanat juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Caranya dengan melumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu daging bisa diolah menjadi masakan sesuai dengan selera anda.

Baluri dengan parutan pir
Selain buah nanas ternyata buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging dan menghilangkan aroma prengus yang khas dari daging kambing. Di negara-negara barat penggunaan buah pir untuk melunakkan daging lebih umum dijumpai daripada nanas. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

Bungkus dengan daun pepaya
Daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Enzim dalam daun pepaya akan bekerja menjadikan daging kambing lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

Lumuri dengan jeruk nipis
Jeruk nipis punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

Itulah tadi beberapa cara yang sering dipakai untuk mengolah daging kambing agar bisa menjadi lebih lunak dan tidak berbau prengus anda bisa mencobanya sendiri, semoga apa yang admin sampaikan pada pertemuan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya dan jangan lupa jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan melalui sosial media seperti twitter , facebook dan lain sebagainya terima kasih atas kunjungannya.

sumber:
https://www.merdeka.com/gaya/6-tips-mengolah-daging-kambing-agar-tidak-bau-dan-alot-splitnews-4.html

Artikel Terkait

Ternyata Begini Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Alot dan Bau Prengus
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email